Jalur Masuk PKS tak Berambu

LANGSA
Akibat belum adanya rambu lalulintas persisnya di depan jalan masuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Ensem, tikungan tajam jalan lintas Sumatera, di Gampong Bimas, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, dilaporkan kerap terjadinya kecelakaan. Misalnya, tabarakan maut antara sepmor atau mobil umum lainnya dengan mobil angkut kelapa sawit yang keluar masuk PKS.

Imformasi yang diperoleh serta amatan Serambi di lapangan, Jumat (23/7) menyebutkan, selama ini telah berapa kali kecelakaan tabarakan maut antara pengendara sepmor maupun mobil pribadi dengan angkutan umum, baik jenis truk tronton, cold diesel, ataupun angkutan lainnya di tikungan panjang dan tajam Jalan linats Nasional, Gampong Bimas, Kecamatan Birem Bayeun tesrebut.

Seorang warga setempat, Dedy mengatakan, hal tersebut rawan terjadi di tikungan tajam ini karena sejak berapa bulan terakhir di sekitar jalan umum ini, atau hanya berjarak sekitar 30 meter, telah berdiri pabrik PKS Ensem. Kemudian aktivitas PKS yang bergerak dalam bidang pengolahan buah kelapa sawit (buah tandan segar), pada setiap harinya akan menerima kedatangan puluhan mobil angkutan yang mengangkut buah kelapa sawit untuk dijual di PKS.

Namun, karena posisi dari arah timur PKS berada di sisi kiri Jalan Sumatera itu, angkutan buah kelapa sawit yang berasal dari arah barat akan memotong jalan saat hendak masuk kea real PKS Ensem. Begitu juga halnya angkutan muatan berat ini yang hendak kelaur akan memotong jalan, apabila hendak menuju arah timur.

Akibat truk yang memotong jalan tesebut, serta pengendara sepmor maupun mobil pribadi ataupun mobil angkutan umum lainnya yang sedang melintas dengan kecepatan rata-rata 80km/jam maupun lebih, tak mengetahui adanya aktivitas keluar masuk kendaraan angkutan buah kelapa sawit dari PKS di depannya. Selama ini telah mengakibatkan keadaan berbahaya hingga kecelakaan maut yang tak dapat tarelakkan.(serambinews.com)

0 komentar: